Kamis, 07 Februari 2013

ISOSIANAT


Isosianat adalah golongan fungsional atom-atom – N=C=O (1 nitrogen, 1 karbon, 1 oksigen), untuk golongan fungsional sianat diatur sebagai – O–C≡N. senyawa organik yang berisi satu kelompok isosianat boleh juga disebut sebagai satu isosianat. Satu isosianat mungkin punya kelompok isosianat lebih dari satu. Satu isosianat yang mempunyai dua isosianat dikenal sebagai diisocyanate. Diisocyanates dihasilkan untuk reaksi dengan poliol-poliol di dalam produksi poliuretan-poliuretan.


                                             Struktur molekul isosianat

Isosianat adalah perekat yang memiliki kekuatan yang lebih tinggi daripada perekat lainnya. Isosianat bereaksi bukan hanya dengan aquarous tetapi juga dengan kayu yang menghasilkan ikatan kimia yang kuat sekali (chemical bonding). Isosianat juga memiliki gugus kimia yang sangat reaktif, yaitu R-N=C=O. Keunikan perekat isosianat adalah dapat digunakan pada variasi suhu yang luas, tahan air, panas, cepat kering, PH netral dan kedap terhadap solvent (pelarut organik). Perekat ini juga memiliki daya guna yang luas untuk merekatkan berbagai macam material alam (Widjaja,1995)
isosianat-isosianat dengan tiga atau lebih kelompok isosianat bereaksi dengan suatu poliol, polimer yang hasilnya adalah crosslinked. dengan poliol polimer yang dihasilkan adalah crosslinked. Jumlah dari crosslinking mempengaruhi Jumlah silang mempengaruhi kekakuan dari polimer. Bertentangan dengan polimer linear, polimer crosslinked Berlawanan dengan polimer linier, polimer crosslinked  tidak mengalir ketika dipanaskan. Semua lem struktural bersifat crosslink karena crosslinked ini mengeliminasi (deformasi cross section beban konstan). Di mana ada satu kelebihan Dalam sistem reaksi terdapat kelebihan dari isosianat crosslink bisa reaksi-reaksi  terjadi. Reaksi-reaksi ini membentuk pertalian-pertalian dari Reaksi-reaksi ini bentuk keterkaitan (Berend Eling dan Dr Chris Phanopolous,)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar